Jumat, 31 Oktober 2014

Membuat Garis Menggunakan OpenGL


1. Buatlah program garis vertikal menggunakan openGL !
Untuk soal nomer 1 saya menggunakan dev c++ untuk membuat programnya, berikut coding programnya :

Logika untuk coding diatas :
Gl.ClearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f) pada statement ini dimaksudkan untuk mengedit warna background menjadi warna menjadi hitam dengan kode warna 0.0f. lalu pada glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); sebagai identifier pada program. glPushMatrix (); untuk embuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. Lalu glBegin(GL_LINES); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan. glVertex3f(0,0,-0.0); Untuk menentukan titik awal yang digunakan didalam pembuatan garis vertikal. glVertex3f(0.0,130.0,0.0); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan. glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir. glPopMatrix (); untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. Dan terakhir SwapBuffers (hDC); untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Outputnya :

Penjelasan output program :
Dapat dilihat pada output program diatas, warna background pada output adalah hitam karena pada coding program menggunakan kode warna 0.0f, lalu set titik awal dengan koordinat untuk sumbu X dan Y(0,0,-0.0), kemudian mulai membuat titik sampai titik akhir dengan koordinat (0.0,130.0,0.0) untuk sumbu 3 dimensi atau X, Y dan Z.

2. Buatlah program garis horizontal menggunakan openGL !
Untuk soal nomer 2 saya menggunakan dev c++ untuk membuat programnya, berikut coding programnya :

Logika program diatas :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); mengedit atau set warna background menjadi hitam. glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang. glPushMatrix (); Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan. glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); Untuk menentukan titik awal yang digunakan. glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan. glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir. glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. SwapBuffers (hDC); Untuk menggantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Outputnya :

Penjelasan output program :
Sama seperti soal nomer 1 diatas perbedaannya pada titik awal (-0.6f, 0.0f, 0.0f) dan titik akhir (0.6f, 0.0f, 0.0f) dimulai dari sumbu X -0,6 sampai sumbu X 0,6 maka akan membuat garis horizontal seperti pada output program.

3. Buatlah program garis diagonal menggunakan openGL !
Untuk soal nomer 3 saya menggunakan dev c++ untuk membuat programnya, berikut coding programnya :



Logika coding diatas :

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); Untuk memilih warna yang digunakan. glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang. glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. glBegin(GL_LINES); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan. glVertex3f(0,0,-0.8); Untuk menentukan titik awal yang digunakan. glVertex3f(9.9,8.9,0.1); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan. glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir. glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar. SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Outputnya :



Dapat dilihat pada bagian output program, intinya sama seperti soal nomer 1 dan 2 hanya pada soal nomer 3 ini karena diperintahkan membuat garis diagonal maka titik awal yang saya gunakan adalah (0,0,-0.8) untuk sumbu X dan Y lalu titik akhirnya (9.9,8.9,0.1) untuk sumbu X, Y, dan Z. Maka akan dapat terlihat garis diagonal saat program dijalankan.


Note : untuk teman-teman yang ingin menggunakan coding program diatas, kalian harus memulai coding dari line 81 pada bagian /* OpenGL animation code gores here*/ jika tidak maka akan terdapat eror

Atau kalian dapat mendownload file *.docnya melalui link dibawah ini :
Tugas Makalah Grafik Komputer & Pengolahan Citra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar